Jumat, 29 Oktober 2010

model sistem umum organisasi

PENDAHULUAN

Pendekatan yang dilakukan dalam hal ini adalah berdasarkan penggunaan komputer dalam bisnis, mencakup hal semua sistem informasi di segala jenis organisasi, dan sarana yang digunakan adalah model sistem umum perusahaan.

PEMBAHASAN

Model Sistem Umum Organisasi / perusahaan
Model adalah penyederhanaan (abstraction)dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas yang disebut dengan entitas (entity). Manajer menggunakan model untuk memecahkan permasalahan.

Jenis-jenis model. Terdapat empat jenis model dasar, yaitu :

1. Model fisik, gambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi. Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata.
2. Model naratif, gambaran entitasnya secara lisan atau tulisan. Semua komunikasi bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan model yang paling populer. Model ini sering digunakan para manajer, namun jarang dikenali sebagai suatu model.
3. Model grafik, gambaran entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk. Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Banyak peralatan yang digunakan oleh analisis sistem dan programmer yang bersifat grafik. Contohnya bagan arus (flowchart) dan diagram arus data (data flow diagram – DFD).
4. Model matematika, gambaran dalam bentuk Model matematika yang digunakan para manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika. Keunggulan model matematika adalah ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek serta menyediakan kemampuan prediksi.

Kegunaan Model

• Mempermudah pengertian (pemahaman)
Suatu model pasti lebih sederhana daripada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan secara sederhana. Setelah model-model sederhana tersebut dipahami,secara bertahap model tersebut dapat dibuat semakin rumit sehingga dapat menggambarkan entitasnya dengan lebih akurat. Bagaimana pun, model tetap hanya menggambarkan entitasnya dan tidak pernah tepat sama dengan entitasnya.
• Mempermudah komunikasi
Setelah pemecah masalah (problem sorver) mengerti entitasnya, pengertian tersebut sering perlu dikomunikasikan kepada yang lain. Mungkin analisis sistem harus berkomunikasi dengan manajer atau programmer. Atau mungkin seorang manajer harus berkomunikasi dengan anggaota lain dari tim pemecah masalah.


• Memperkirakan masa depan
Ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat dimiliki oleh jenis model lainnya. Model matematika dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat. Karena banyak data yang dimasukkan ke dalam model biasanya didasarkan atas berbagai asumsi, manajer harus menggunakan pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model.

Model sistem umum perusahaan merupakan suatu diagram grafik yang disertai narasi yang menggambarkan semua organisasi secara umum, dengan menggunakan kerangka kerja sistem organisasi input dari lingkungan output ke lingkungan proses transformasi

Model sistem umum dan organisasi perusahaan
• Informasi dikumpulkan dari semua elemen sistem fisik
• Pengolahan informasi mentrasformasi data menjadi informasi
• Standar Kinerja Tersedia Baik untuk Pihak Manajemen maupun untuk Pengolahan Informasi
• Perubahan-perubahan dilakukan pada sistem fisik melalui arus keputusan
PENUTUP
Model sistem umum memberikan suatu struktur bagi elemen-elemen dasar setiap kantor-kantor pengacara.
REFERENSI
http://www.slideshare.net/herythe/competitive-advantages
http://danielraka.wordpress.com/2010/03/03/model-sistem-umum-perusahaan/
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab3_model_sistem_umum_perusahaan.pdf
http://citapatsiana.blogspot.com/2009/10/model-sistem-umum-perusahaan.html
http://indoartikel.com/berita_model_sistem_umum_perusahaan__warta_warga
http://fsolihin.files.wordpress.com/2009/03/si-8-model-sistem-umum-perusahaan.pdf
http://www.kaskus.us/blog.php?b=21481

Tidak ada komentar:

Posting Komentar