MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ). Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. Disini saya akan mebahas tentang pencatan transaksi penjualan tunai. 
Sistem   Pembukuan Terintegrasi, memberikan efisiensi kerja
MYOB memberikan kemudahan dalam   proses administrasi usaha dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi Buku Besar,   Keuangan, Pembelian, Penjualan, Persediaan dan Pengelolaan Relasi, dimulai   dari proses input dokumen dasar sampai pada proses pelaporan. Dengan   terintegrasinya fungsi-fungsi Buku Besar, Pembelian, Penjualan, Keuangan dan   persediaan memberikan efisiensi kerja dengan menghilangkan pengulangan   pencatatan transaksi, melalui fungsi-fungsi yang berbeda, dan memungkinkan   ekplorasi data yang maksimal.
Otomatisasi   Pembukuan
Dalam Program MYOB banyak sekali   fungsi yang dapat diatur untuk mempermudah penggunaan, salah satunya adalah   otomatisasi proses pembukuan dengan menggunakan Link Account (Link Perkiraan   Transaksi) yang akan mengambil alih proses pembukuan mulai dari proses   penjurnalan, posting sampai penyusunan laporan dan proses analisa bahkan   fungsi pengendalian operasional. Dengan adanya otomatisasi pembukuan ini anda   tidak perlu lagi untuk melakukan pembuatan ayat jurnal, melakukan proses   posting ke buku besar, melakukan proses summary dan filtering buku besar   untuk menghasilkan laporan-laporan yang anda inginkan.
Yang anda perlu lakukan dengan   menggunakan program ini adalah hanya melakukan ‘Data Entry’ dari dokumen   dasar, proses-proses berikutnya akan dilakukan MYOB secara otomatis.Jurnal   akan dibentuk secara otomatis, yang kemudian di ‘posting’ ke dalam Buku Besar   dan Buku Besar Pembantu, dan seterusnya sampai pembentukan Laporan Keuangan   dan Laporan Penunjang lainnya.
Integrasi   dengan Microsoft Office
MYOB juga berintegrasi dengan   Microsoft Office, sehingga data/laporan akan dengan mudah dikonversi ke MS   Excel untuk diolah lebih lanjut atau ke format HTML untuk pengiriman yang   lebih mudah melalui internet, juga ke MS word untuk pencetakan surat (Mail   Merge).
Mendukung   penggunaan secara Multi User
Untuk menunjang Integrated   System ini, selain digunakan secara Single-user, MYOB juga dapat digunakan   secara Multi-user, sehingga data yang di-Input oleh pengguna yang satu, saat   itu juga dapat digunakan oleh pengguna lainnya. MYOB dapat berjalan pada   semua jenis jaringan yang populer, secara Peer to Peer atau Server-Client   Network.
Eksplorasi   Database yang maksimal
Dengan modul-modul Analisa,   Pencarian Transaksi, Tugas (To do list) dan Fungsi Laporan dengan fungsi   filtering dan designing, MYOB memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk   mengeksplorasi database yang ada dan menampilkannya dalam beragam format   seperti : Laporan (MYOB/Excel/dll.), Form Faktur/PO, Analisa Grafis, dll.   Dengan adanya modul-modul tersebut di atas, MYOB selain membantu penggunanya   dalam meningkatkan efisiensi dan simplifikasi kerja, juga dalam fungsi   pengendalian operasional perusahaan.http://news.palcomtech.com/2011/06/mencatat-penjualan-tunai-lewat-aplikasi-myob/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar