Minggu, 22 Mei 2011

Budaya Politik

Budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilai politik yang dianut oleh sekelompok masyarakat, bangsa, atau Negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas politik kenegaraan.

Menurut Samuel Beer, budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah.

Menurut Gabril A. almond dan Sidney Verba mendefinisikan budaya politik sebagai suatu sikap orientasi yang khas dari warga Negara terhadap system politik dengan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peran warga Negara yang ada dalam system itu.

Menurut Rusadi Sumintapura, menyatakan bahwa budaya politik tidak lain adalah polah tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu system politik.

Almond dan verba melihat bahwa dalam pemandangan tentang objek politik , terdapat komponen kognitif, afektif, dan evaluative mengukur bagaimana sikap individu atau masyarakat terhadap system politik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar