Minggu, 22 Mei 2011

Sosialisasi Politik

Banyak ilmuwan politik yang menemukan hakitat pengertian dan batasan sosialisasi politik yang satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah nama tokoh dan pendapatnya mengenai social politik.

- David F. Aberle
Dalam “Cultur and Socilization” menyatakan baha sosialisasi politik adalah pola-pola mengenai aksi social atau aspek-aspek tingkah laku yang menanamkan pada individu-individu ketrampilan-ketrmpilan, motif-motif, dan sikap-sikap yang perlu menampilkan peranan-peranan yang sekarang atau yang tengah diantisipasikan sepanjang kehidupan manusia normal, sejauh peranan-peranan baru masih harus ters dipelajari.
- Richad E. Dawson dkk
Sosialisasi politik sebagai suatu pewarisna pengetahuan, nilai-nilai dan pandangan-pandangan politik dari orang tua, guru dan sarana-sarana sosialisasi yang lainnya kepada warga Negara baru dan mereka yang menginjak dewasa.
- Alfian
Pendidikan politik sebagai usaha sadar untuk mengubah proses sosialisasi politik masyarakat, sehingga mereka mengalami dan menghayati betul nilai-nilai yang terkandung dalam suatu system politik yang ideal yang hendak dibangun. Hasil dri penghayatan itu akan melahirkan sikap dan perilaku politi baru yang mendukung system politik yang ideal tersebut, dan bersamaan dengan itu lahir pulalah kebudayaan politik baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar