Sabtu, 03 November 2012

Tugas 3



Demo Mahasiswa


-      Definisi
Unjuk rasa atau demonstrasi (demo) adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secara politik oleh kepentingan kelompok.


-   Penyebab
Demo umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang disebabkan karena ingin menentang kebijakan pemerintah. Namun demo juga dilakukan karena hal lain seperti perselisihan antar mahasiswa dari kampus yang berbeda. Tetapi kebanyakan demo yang sering terjadi saat ini karena ingin menentang kebijakan pemerintah yang tidak disetujui oleh masyarakat. Dalam hal ini mahasiswa berperan sebagai pembela rakyat kecil.

-   Seperti apa demo yang baik
Kebanyakan demo yang sering dilakukan oleh mahasiswa berujung bentrok dengan bertindak anarkis. Karena sebagian dari para pendemo itu tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan demonya. Mungkin saja mereka hanya mencari sensasi atau memang hanya ingin membuat keributan. Padahal demo itu bisa dilakukan dengan cara yang baik, seperti musyawarah bersama dengan pemerintah untuk mencapai suatu mufakat. Menurut saya, suatu masalah itu dapat terselesaikan jika dengan menggunakan kepala yang dingin bukan dengan emosi yang tidak terkontrol atau bahkan dengan pengrusakan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.


-   Seperti apa tanggapan yang diinginkan
Tanggapan yang diinginkan mahasiswa tentu saja tanggapan yang baik dengan memberikan jalan keluar dari masalah yang sedang terjadi.


-   Solusi
Mahasiswa sering melakukan suatu demo kepada pemerintah dengan anarkis yang tidak akan mendapatkan hasil yang baik karena hanya akan merugikan diri sendiri. Berdemo dapat dilakukan dengan melakukan musyawarah bersama. Tetapi sebaiknya pemerintah juga harus bisa memberikan tanggapan-tanggapan yang baik dan merupakan suatu jalan keluar, agar para pendemo merasa dihargai.


http://jayboana.blogdetik.com/2012/03/29/apasih-arti-demonstrasi-sesungguhnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar