Jumat, 10 Mei 2013

Adilkah semua ini ?



(Manusia dan Keadilan)

Seringnya kecelakaan dijalan raya membuat kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Kecelakaan biasanya terjadi dikarenakan kurangnya kesadaran untuk mematuhi peraturan yang ada. Membicarakan masalah peraturan dijalan raya, sering saya melihat pengendara yang menggunakan “seragam” dengan santainya menerobos lampu merah, tidak memakai helm saat berkendara atau ketika ada pemeriksaan surat-surat berkendara para pengendara “seragam” itu tidak terkena pemeriksaan.

Sayangnya saya tidak mengabadikan peristiwa-peristiwa yang membuat saya heran itu. Kita sudah tahu bahwa lampu lalu lintas saat berwarna merah itu artinya semua pengendara baik motor, mobil ataupun yang lainnya harus berhenti, tetapi yang saya lihat ada seorang pengendara sepeda motor yang “berseragam” tidak berhenti seperti saya dan yang lainnya, dia terus menerobos lampu merah dan yang membuat saya makin heran, dijalan itu terdapat seorang polisi yang sedang bertugas tetapi polisi tersebut membiarkan pengendara yang menerobos lampu merah tadi. Bayangkan ketika orang biasa yang bukan siapa-siapa melakukan hal seperti itu juga, pasti sudah kena tilang bukan ? Mengapa demikian ? Entah karena apa mereka seperti diistimewakan. Apa karena mereka mempunyai pangkat dan berseragam sedangkan yang tidak demikian harus mengikuti peraturan yang ada jika sekali saja melanggar, maka akan langsung dikenakan sanksi ?

Dan mungkin kita masih ingat tentang peristiwa yang pernah marak di berbagai media, entah itu televisi, surat kabar, ataupun internet. Seorang pemuda yang merupakan anak dari seorang pejabat negara mengalami kecelakaan mobil dan menewaskan beberapa orang. Ia beruntung karena ayahnya merupakan salah satu orang penting di negara ini. Ayahnya langsung menyatakan rasa duka yang mendalam, minta maaf, dan memberikan santunan kepada korban. Setelah itu pemuda tersebut tidak ditahan. Sementara seorang lelaki yang berprofesi sebagai supir angkot yang penumpangnya terjun dari angkot karena merasa supir angkot tersebut akan menculiknya langsung ditahan oleh pihak kepolisian dan mendapatkan sanksi atas meninggalnya penumpang tersebut. Mengapa hal yang sama-sama menghilangkan nyawa orang lain mendapatkan hukuman yang berbeda ? Ketidakadilan seperti ini apakah disebabkan karena status sosialnya ? Hukum seharusnya menegakkan keadilan yang setinggi-tingginya karena negara kita adalah negara hukum. Seharusnya semua masyarakat Indonesia siapapun orangnya mendapatkan perlakuan yang sama dan tidak dibeda-bedakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar