Minggu, 17 April 2011

Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Era globalisasi dewasa ini sudah menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap bangsa dan Negara, tidak terkecuali Indonesia. Proses interaksi dan saling pengaruh-mempengaruhi, bahkan pergesekan kepentingan antar bangsa terjadi dengan cepat dan mencakup masalah yang semakin kompleks.

Batas-batas teritorial Negara tidak lagi menjadi pembatas bagi kepentingan masing-masing bangsa dan Negara. Dibidang ekonomi terjadi persaingan yang semakin ketat, sehingga semakin mempersulit posisi Negara-negara miskin. Sementara itu dalam bidang politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan terjadi pula pergeseran nilai. Misalnya, globalisasi di bidang politik tampak bahwa demokrasi dan HAM telah dijadikan oleh dunia internasional utnuk menentukan apakah Negara tersebut dinilai sebagai Negara beradab atau bukan?

Setiap bangsa didunia dewasa ini, tidak dapat terlepas satu dengan yang lain.oleh karena itu satu sama lain harus melakukan kerjasama guna mencapai tujuan bangsa tersebut. Globalisasi merupakan salah satu hal yang harus dihadapi oleh berbagai macam bangsa yang ada didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar